PROOFREADING SEBELUM MENERBITKAN TULISAN

Resume ke                 :  13

Gelombang                :  21

Hari/ Tanggal            :  Senin, 1 November 2021

Narasumber              :  Susanto, S.Pd

Moderator                 :  Rosminiyati

Tema Materi             :  Proofreading  sebelum menerbitkan tulisan










Malam ini hari Senin tanggal 1 November 2021 kegiatan Belajar Menulis memasuki pertemuan ke 13 yang akan dipandu oleh moderator yang cantik yaitu Rosminiyati. 
Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta. Agar kita cinta kepada guru yang memberikan ilmu kepada kita, maka kita harus mengenal guru kita, demikian kata pembuka Rosminiyati sebagai moderator. Kemudian moderator mempersilahkan Narasumber memperkenalkan diri dan memberi materi untuk malam ini.
Profil Narasumber :
Susanto,S.Pd, dengan nama Komunitas Pak D dilahirkan di Gombong Kebumen, 29 Juni 1971. Pak Susanto berprofesi sebagai guru Kelas SDN Mardiharjo, Kab. Musi Rawas, Prov. Sumatera Selatan
Pendidikan yang pernah ditempuhnya :
S1 Pend. Bhs. Indonesia, S1 Pend. Guru SD
Hasil karya Narasumber :
Belajar Menulis di Buku Antologi
1. Ukir Prestasi dan Tebar Inspirasi (2020)
2. Senandung Guru I bersama Ibu Rita Wati        & Bu Kanjeng Sri Sugiastuti (2020)
3. Jejak Digital Motivator Andal bersama Bu     Kanjeng Sri Sugiastuti (2020)
4. Membongkar Rahasia Menulis ala Guru          Blogger bersama Bu Noralia Puspa Yunita,      dkk. (2021)

Praktik Menjadi Editor :
1. Kunci Sukses Menjadi Moderator Online        (Aam Nurhasanah), Desember 2020.
2. Patidusa Pujangga Wiyata, Antologi Puisi        Nusantara Bergema (Aam Nurhanasa,              dkk), Januari 2021.
3. Bait-bait Kerinduan, Antologi Puisi                  Ungkapan Rasa Rindu (Rofiana, S.Pd.,              dkk), Maret 2021, Januari 2021.
4. Haru Biru Perjalananku, Catatan                      Perjalanan Tugas Kepala Sekolah Daerah        Terpencil dan Satu Atap (“Ambu” Tini              Sumartini), Maret 2021.
5. Merajut Goresan Tinta Berbuah Karya            (Herni Sunarya Banah, S.Pd.), Maret 2021.
6. Membongkar Rahasia Menulis ala Guru          Blogger (Bersama Bu Noralia Puspa                  Yunita dkk), Juli 2021.
7. Purwakarya Literasi, Antologi Grup 18            (2021)

Tujuan pembelajaran malam ini :

Setelah membaca, menyimak, dan/atau menyaksikan video tentang proofreading dan Pediman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, peserta KulWap dapat:
1. Menjelaskan pengertian proofreading
2. Menjelaskan hal-hala yang menjadi objek      proofreading 
3. Melakukan proofreading menggunakan          KBBI dan PUEBI Daring sebagai alatnya.

Narasumber sebagai editor :
Beberapa buku karya teman yang saya ikut di dalamnya sebagai editor di antaranya:
1. Kunci Sukses Menjadi Moderator        bb          Online  (Aam Nurhasanah), Desember            2020.
2. Patidusa Pujangga Wiyata, Antologi                  Puisi Nusantara Bergema (Aam                          Nurhanasah, dkk), Januari 2021.
3. Bait-bait Kerinduan, Antologi Puisi                  Ungkapan Rasa Rindu (Rofiana, S.Pd.,              dkk), Maret 2021, Januari 2021.
4. Haru Biru Perjalananku, Catatan                      Perjalanan Tugas Kepala Sekolah Daerah        Terpencil dan Satu Atap (“Ambu” Tini              Sumartini), Maret 2021.
5. Merajut Goresan Tinta Berbuah Karya            (Herni Sunarya Banah, S.Pd.), Maret 2021.
6. Purwakarya Literasi, antologi peserta Gel      18 (2021)
7. Membongkar Rahasia Menulis ala Guru          Blogger (Bersama Bu Noralia Puspa                  Yunita dkk), Juli 2021.

MATERI RESUME
PROOFREADING
Proofreading atau kadang disebut dengan uji-baca adalah membaca ulang sebuah tulisan, tujuannya adalah untuk memeriksa apakah terdapat kesalahan dalam teks tersebut.
Susanto menjelaskan Kesalahan yang dimaksud di sini termasuk kesalahan penggunaan tanda baca, ejaan, konsistensi dalam penggunaan nama atau istilah, hingga pemenggalan kata.
Perlu juga diketahui bahwa proofreading tidak sekadar menyoroti kesalahan tanda baca atau ejaan, tetapi juga logika dari sebuah tulisan, apakah sudah masuk di akal atau belum.
Susanto menegaskan tugas seorang proofreader bukan hanya membetulkan ejaan atau tanda baca. Seorang proofreader juga harus bisa memastikan bahwa tulisan yang sedang ia uji-baca bisa diterima logika dan dipahami.

Proofreader harus dapat mengenali:
1. Apakah sebuah kalimat efektif atau tidak
2. Susunannya sudah tepat atau belum
3. Substansi sebuah tulisan dapat dipahami        oleh pembaca atau tidak.

Apa yang dimaksud dengan Proofreading?
Menurut Susanto Proofreading adalah aktivitas memeriksa kesalahan dalam teks dengan cermat sebelum dipublikasikan atau dibagikan.

Oleh karena itu lanjut Susanto kegiatan ini sesungguhnya adalah kegiatan akhir setelah tulisan diselesaikan.
Proofreading dilakukan HANYA DAN HANYA JIKA tulisan sudah selesai, naskah buku sudah selesai

Para Guru Menulis, selalu menasihati: 
"Tulis saja, jangan pedulikan teknis. Salah        nggak papa mumpung ide masih mengalir.    Jika sudah selesai, barulah kita lakukan          editing."

Kapan proofreading dilakukan oleh penulis?
Proofreading dilakukan jika naskah sudah selesai dan setelah naskah diendapkan beberapa "saat".
Terjemahan "saat" bisa hitungan jam atau hari,Agar dapat objektif.
Jika proofrading dilakukan oleh penulis setelah naskah diendapkan, maka ketika melakukannya, ia bertindak sebagai "CALON PEMBACA", ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh "Calon Pembaca". Langkah - langkah ini berlaku untuk semua naskah:
1. Langkah Pertama
    Merevisi draf awal teks, seringkali                    membuat perubahan signifikan pada              konten dan memindahkan,                                  menambahkan  atau menghapus seluruh        bagian.
2. Langkah Kedua
    Merevisi penggunaan bahasa: kata, frasa        dan kalimat serta susunan paragraf untuk      meningkatkan aliran teks.
3. Langkah Ketiga
    Memoles kalimat untuk memastikan tata        bahasa yang benar, sintaks yang jelas,            dan konsistensi gaya. Memperbaiki                  kalimat kalimat yang ambigu.
4. Yang keempat
    1. Cek ejaan. Ejaan ini merujuk ke KBBI &          PUEBI, tetapi ada beberapa kata yang              mencerminkan gaya penerbit.
    2. Pemenggalan kata-kata yang merujuk              ke KBBI.
    3. Konsistensi nama dan ketentuannya
    4. Perhatikan judul bab dan                                    penomorannya.

Langkah- langkah tersebut termasuk berlaku untuk naskah tulisan di BLOG, bila anda seorang blogger:
a. Ketika menulis di blog hindari kesalahan        yang tidak perlu misalnya typo atau                kesalahan penulisan kata  v                                dan penyingkatan kata. Sedikit bahkan        tidak adanya kesalahan penulisan (typo)        akan membuat pembaca nyaman.
b. Kesalahan lain misalnya, memberi spasi        (jarak) kata dan tanda koma, tanda titik,          tanda seru, atau tanda tanya. Tanda-tanda      baca tersebut tidak boleh diketik terpisah      dari kata yang mengikutinya.
c.  Penulis semestinya menguasai EYD                   (sekarang PUEBI) dan kata-kata baku di           KBBI


Cara mudah melakukan proofreading terutama pada ejaan :
1. Setelah tulisan di blog selesai, buka                  jendela draft, dan buka juga jendela                pratinjau.
2. Baca tulisan pada jendela pratinjau
3. Jika ada kesalahan penulisan, blok kata          yang salah lalu di copy
4. Setelah itu buka jendela draft, tekan                tombol CTRL + F
5. Tempelkan salinan tadi di kolom                      pencarian CTRL + V
6. Akan muncul highlight tulisan, kita                  lakukan perbaikan, setelah itu klik                  tombol simpan atau CTRL + S
7. Buka jendela pratinjau, kemudian                    refresh atau tekan tombol F5
8. Begini ilustasinya, namun saya                          menggunakan Wordpress dengan mode          penulisan Classik


Rangkuman dari beberapa pertanyaan :

1. Bagaimana strategi yang baik agar tulisan      yang kita publikasikan itu menarik, bisa        diterima logika, mudah di fahami dan              terkesan mengedukasi bahkan                          menghipnotis para pembacanya.
-  Strateginya adalah :
  1.Tulisan sesuai dengan tema yang                      dibahas, mengandung unsur yang                    diperlukan, SIDAMBA terjawab: SIapa,            Di mana, Apa, Mengapa, Bagaimana,                dan Kapan terpenuhi sesuai tema.
  2. Struktur kalimat yang digunakan baik            dan benar S-P-O-K nya. Apakah kalimat          tunggal atau kalimat majemuk. Jika                  kalimat majemuk bertingkat dengan                anak kalimat, tulis dengan struktur                  yang baik dan benar.
  3. Upayakan tidak ada kesalahan                          ejaan/penulisan/pemenggalan kata
  4. Pilihan kata bagus, kata baku yang                  digunakan sesuai KBBI
  5. Substansi tulisannya rasional dan wajar.

2. Apakah perbedaan proofreading dan              editing ? 
    Apakah pekerjaan editor sama dengan            proofrider? 
- Editing lebih fokus pada aspek                          kebahasaan, sedangkan proofreading              selain aspek kebahasaan, juga harus                memperhatikan isi atau substansi dari            sebuah tulisan. proofreading tidak sekadar    menyoroti kesalahan tanda baca atau              ejaan, tetapi juga logika dari sebuah                tulisan, apakah sudah masuk di akal atau      belum.

3. Apa saja Tanggung Jawab seorang                    Proofreader?

- Tanggung jawab proofreader, memastikan     bahwa tulisan si penulis efektif. Artinya,         hasil uji baca sesuai dengan apa yang             dimaksudkan oleh penulis. Mereka berdua     Penulis dengan Proofreader tidak bkerja         sendiri-sendiri.

Diakhir pembelajaran narasumber mengemukakan dalam menulis, kita perlu orang lain untuk ikut membaca tulisan kita. 
*Kita tidak mungkin menguasai segalanya, hanya orang-orang tertentu yang ditakdirkan memiliki kompetensi: penulis, proofreader, editor, sekaligus.*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK PROMOSI BUKU

MEMBUAT COVER BUKU YANG MENARIK

LOSBAKER